| 0 komentar ]

Indonesia Berkabung, karena dilanda bencana alam yang sangat besar dan datang dengan silih berganti. Dari terjadinya bencana banjir bandang di wasior, papua sampai gempa di kepulauan Mentawai, sumatra barat hingga gunung merapi di Yogyakarta. Bencana alam tersebut menyisakan duka yang sangat mendalam bagi seluruh rakyat Indonesia. Datangnya bencana tersebut telah banyak memakan korban jiwa dan meluluhlantakkan negeri ini. Tidak hanya itu, bencana alam juga terjadi di daerah kita sendiri, yakni bencana banjir di Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat.
Dengan melihat fenomena itu, Bem Fisip Untan berinisiatif untuk melakukan aksi penggalangan dana. Hal ini dilakukan sebagai wujud rasa kepedulian Bem fisip terhadap bencana yang telah melanda Kepulauan Mentawai (Sumatra Barat), Wasior (Papua), Gunung Merapi (Yogyakarta) dan Kapuas Hulu (Kalimantan Barat). Kegiatan itu telah melibatkan seluruh mahasiswa Fisip Untan Kegiatan aksi penggalangan dana tersebut sudah dilakukan dua kali. Untuk kali pertama Bem fisip telah melakukan penggalangan dana untuk banjir bandang di wasior,papua dan banjir di Kabupaten Kapuas Hulu. Sedangkan untuk kali kedua aksi penggalangan dana tersebut dilakukan untuk bencana gempa dan tsunami di kepulauan mentawai, sumatra barat dan gunung merapi di Yogyakarta.
Adapun konsep dari kegiatan aksi penggalangan dana tersebut, kami melakukan aksi turun kejalan untuk mengggalang sumbangan dana yang menyebar diberbagai titik, diantaranya simpang jalan Tanjung Pura, Simpang jalan A. Yani, simpang Bundaran Digulis Untan, dan Simpang jalan Sungai Raya. Untuk kali pertama, kami melakukan aksi penggalangan dana selama tiga hari, dan telah menghasilkan sumbangan sebesar Rp. 26.760.150. Sedangkan Untuk kali kedua, kami melakukan aksi penggalangan dana selama empat hari, dan telah menghasilkan sumbangan sebesar Rp. 36.039.575. Sumbangan tersebut bersumber dari partisipasi dan kepedulian warga Kota Pontianak terhadap bencana alam yang terjadi, yang sedang melintas dititik-titik kegiatan aksi penggalangan dana tersebut.
Penyaluran Sumbangan dana yang diperuntukan bagi korban Banjir bandang di Wasior (Papua) dan Banjir di Kabupaten Kapuas Hulu, dilakukan secara terpisah, yakni untuk penyaluran sumbangan bagi korban banjir bandang di Wasior (Papua), kami salurkan melalui Rekening Bank BNI atas nama Tv One Satu Untuk Negeri sebesar Rp. 5.000.000. Sedangkan penyaluran sumbangan bagi korban banjir di Kabupaten Kapuas Hulu, kami salurkan secara langsung kelokasi terjadinya banjir dengan membelikan barang-barang, seperti selimut, makanan, obat-obatan dan lain-lain. Adapun total pembelian barang berjumlah Rp. 21. 760. 150. Sementara, untuk penyaluran sumbangan bagi korban Gempa dan Tsunawi di Kepulauan Mentawai (Sumatra Barat) dan Gunung Merapi (Yogyakarta), akan kami salurkan melalui rekening Bank BNI atas nama Tv One Satu Untuk Negeri sebesar jumlah penggalangan dana yang telah didapat.
Harapan kami atas sumbangan yang telah diberikan oleh masyarakat Kota Pontianak, sekiranya dapat meringankan beban bagi korban bencana alam.

0 komentar

Posting Komentar